MTsN 1 Kota Jambi


Diposting Pada: Rabu, 15 Februari 2023
Implementasi P5-P2RA Kurikulum Merdeka, MTsN 1 Kota Jambi Adakan Proses Pembuatan Batik Jambi


Implementasi P5-P2RA Kurikulum Merdeka,  MTsN 1 Kota Jambi Adakan Proses Pembuatan Batik JambiKota Jambi - MTsN 1 Kota Jambi melakukan implementasi penerapan kurikulum merdeka, Salah satu wujud dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah kegiatan P5-P2RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin) yang sedang dilaksanakan saat ini adalah proses pembuatan batik / membatikj.
Sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka secara komprehensif dapat diberikan melalui pengembangan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-RA) dengan tujuan untuk mengasah minat dalam budaya dan kebhinekaan Nusantara.(15/2/2023)

Menurut Kepala Madrasah Drs. Muhammad Dahri, untuk Tahun ini P5-P2RA memasuki tema Pertama, yaitu mengenal budaya kearifan lokal dan kewirausahaan.

“Untuk Tahun ini , P5-P2RA memasuki tema Pertama, yaitu mengenal budaya kearifan lokal dan kewirausahaan yang saat ini sedang dilaksanakan proses pembuatan batik jambi oleh siswa/i, maka untuk itu, Mari kita bersama saling koordinasi dan memberikan kontribusi untuk pelaksanaan kurikulum merdeka. Kita terus menelaah dan mempelajari tentang implementasi kurikulum ini dengan baik, melalui pengembangan P5-P2RA, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang budaya kearifan lokal sekaligus mengembangkan potensi yang dimiliki siswa,” katanya usai meninjau siswa/i dalam proses membatik di Rumah Produksi Batik Jambi Zhorif Kel.Ulu Gedong.

Ditambahkan Lagi, Drs. Muhammad Dahri menyampaikan guru bisa mengembangkan P5-P2RA sebagai opsi tambahan dalam rangka mengembangkan wawasan kepada siswa tentang budaya kearifan lokal.esensi P5-P2RA adalah pembelajaran melalui proyek yang berpatokan pada esensi belajar, dimana setiap siswa memiliki bakat dan minatnya masing-masing. “Di dalam KMA 347 tahun 2022 dijelaskan Kurikulum Merdeka di madrasah adalah kurikulum yang memberikan dan mengutamakan kreativitas kepada siswa dalam belajar yang bisa diprogramkan melalu P5-P2RA,”sampainya.

Salah seorang guru Mapel Seni Budaya, Dra. Fahriah mengungkapkan pengembangan P5-P2RA merupakan program yang holistik dan mencakup hal-hal yang berkenaan dengan Budaya Kearifan Lokal dan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, dan untuk menambah ilmu tentang proses pembuatan batik jambi.

“Pada hari ini siswa melakukan proses pembuatan batik jambi yang dimulai dengan membuat pola motip dibahan dasar putih dan proses-proses lainnya hingga finising samapi menjadi sebuah tablak meja” kata Fahriah yang mendampingi siswa tersebut.

 


3413x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. UPACARA BENDERA MEMERINGATI HARI GURU NASIONAL 2020 (Bakti Guru Lindungi Negeri) 318x dibaca
  2.  MTs Negeri 1 Kota Jambi Gelar Uji Coba Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) secara Daring 232x dibaca
  3. Supervisi Akademik Kurikulum 2013 di MTsN1 Kota Jambi 259x dibaca
  4. Pisah Sambut Kepala Madrasah MTsN 1 Kota Jambi 280x dibaca
  5. Peringatan Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW di MTsN 1 Kota Jambi 849x dibaca

Halaman ini diakses pada 19-05-2024 15:01:21 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 172.70.130.96
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved